jendelablog.wordpress.com

budiscyan weblog area's

Reog Ponorogo Diklaim Malaysia

Sudah banyak berita seputar kontroversial Reog yang diakui Malaysia sebagai salah satu asset budayanya yang ditunjukkan di situs mereka mengusik saya untuk menulis artikel seputar Reog. Pada klip tersebut menampilkan Tarian Barong, yang menampilkan sebagian tarian, assesories, atribut dari kesenian Reog yang jelas-jelas berasal Ponorogo. Lalu apa yang membuat para pecinta Reog, Paguyuban Reog, dan Para Warok marah akibat peristiwa tersebut. Karena Reog tidak hanya berfokus pada penampilan Sang Dadak Merak/ Singo Barong yang dibawakan seorang penari,tapi juga tak lepas dari : sejarah, cerita, seni, filsafat , atribut dan ritual Reog.

Kalau kesenian wayang kulit tidak diubah namanya maka Reog mungkin karena ada embel embel nama daerah Ponorogo maka namanya diubah menjadi Tarian Barongan. Padahal wujud Reog itu bukan naga seperti Barongsai tapi wujud harimau dan burung merak.

Malaysia bingung mencari nama baru sehingga dapat yang mudah saja, Tarian Barongan. Bukan itu saja, kisah dibalik tarian itupun diubah. Mirip seperti mereka mengubah lirik lagu Rasa Sayange. Kalau saja mereka menyertakan informasi dari mana asal tarian tersebut maka tidak akan ada yang protes.

Padahal apa susahnya mencantumkan nama asli dan bangsa pemiliknya. Seperti yang mereka lakukan pada kesenian Kuda Kepang yang kalau di Indonesia lebih dikenal dengan nama Kuda Lumping.Malaysia mencantumkan nama asal kesenian Kuda Kepang dari Jawa. Kenapa tidak dilakukan pada kesenian yang lain seperti Reog Ponorogo, Wayang Kulit, Batik, Angklung, Rendang dll.

Kalau saja mereka lakukan itu maka konflik kedua negara bisa dihindari. Melihat kasus lagu Rasa Sayange yang akhirnya mereka akui sebagai lagu asal Indonesia maka sebaiknya Malaysia segera mengkonfirmasi semua kesenian asal Indonesia yang mereka kira asli milik mereka. Supaya rakyat kedua negara tidak bersitegang seperti sekarang. Semoga hal-hal seperti ini dapat dihindari untuk mendatang.

“Jaya Budaya Indonesiaku”

disadur dari :dendemang.wordpress.com dan http://www.indonesia-flasher.com

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 5 September 2009 by in artikel.

Kategori

Blog Statistic

  • 17,952 hits

Contact

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: