jendelablog.wordpress.com

budiscyan weblog area's

Enzim Mampu Mengubah Kayu dan Air Menjadi Hidrogen

Kendaraan bertenaga sel bahan bakar masa depan kemungkinan besar akan memanfaatkan hidrogen yang dihasilkan dari campuran beberapa macam enzim dan bahan selulosa (seperti potongan kayu atau rumput), serta air.

Adalah para peneliti dari Virginia Tech, Oak Ridge National Laboratory dan University of Georgia yang telah berhasil mensintesa gas hidrogen murni dari campuran 14 macam enzim, 1 co-enzim, selulosa dari bahan non-makanan dan air. Campuran tersebut selanjutnya dipanaskan pada temperatur sekitar 90 derajat celcius untuk menghasilkan gas hidrogen.

Para peneliti tersebut mengungkapkan bahwa mereka mencatat paling tidak ada tiga kemajuan dari hasil penelitian mereka ini, yaitu ditemukannya kombinasi campuran enzim yang baru, laju produksi hidrogen yang dihasilkan jauh lebih besar serta energi kimia yang dihasilkan lebih besar dari energi kimia yang tersimpan dalam gula.

Penemuan ini sekaligus semakin memperkaya sumber energi terbarukan yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan gas hidrogen, yaitu selulosa kayu dan rumput.

Para peneliti tersebut memperkirakan bahwa jika 2-3% dari total produksi biomasa dunia mampu dimanfaatkan untuk menghasilkan gas hidrogen untuk sel bahan bakar, maka kebutuhan bahan bakar untuk transpotasi dunia akan tercukupi dari sumber yang satu ini. (sumber: eurekalert.org)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 25 April 2009 by in artikel.

Kategori

Blog Statistic

  • 21,290 hits

Contact

%d blogger menyukai ini: