jendelablog.wordpress.com

budiscyan weblog area's

Di Balik Istilah

Fatamorgana

Fatamorgana

Fatamorgana

Kalau kita pernah melihat gurun,kita akan tahu bahwa gurun tidak hanya gersang dan panas, tetapi juga sering membuat tipuan bagi pengelana yang melewatinya. Tipuan itulah yang biasa disebut fatamorgana. Fatamorgana air paling banyak menipu para pengelana gurun. Mereka seakan melihat danau yang dipenuhi dengan air. Padahal tidak ada air sama sekali.

Gejala ini terjadi karena pembiasan lapisan udara. Tanah sebagai media mempunyai suhu lebih tinggi daripada udara di atasnya. Sebenarnya gejala ini bukan cuma bisa terjadi di gurun, tetapi juga sering kita lihat apada jalan aspal disiang hari. Gejala tersebut sama dengan fatamorgana yang terjadi di gurun.

Radar

Radar

Radar

Radar adalah kepanjangan dari Radio Detection And Ranging. Radar perangkat elektronik biasanya digunakan untuk mendeteksi benda asing. Pendeteksiannya menggunakan gelombang radio yang dipantulkan dan diterima pesawat penerima. Pesawat penerima tersebut menunjukkan letak benda yang terdeteksi. Gelombang radio ini biisa dipantulkan segala jenis benda, Termasuk awan dan massa udara.


Lemari Es

Lemari Es

Lemari Es

Alat ini biasa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari,tapi tahukah anda mengenai asal-usulnya? Mari kita intip sedikit mengenai mesin pendingin ini.

Sekitar empat ribu tahun lalu sebelum ada lemari es, orang menyimpan makanan dalam lubang es dengan tujuan agar tetap dingin dan awet.  Pertama kali dibuat, lemari es masih sangat sederhana. Hanya sebuah kotak yang menggunakan mesin dengan sistem pendingin. Kemudiansekitar tahun 1860 Karl Van Linde membuat mesin dengan menggunakan pompa uap. Kurang lebih 12.000 unit terjual di Amerika dan Jerman. Bentuk modern baru ditemukan sekitar tahun 1927. Itu adalah lemari es pertama yang menggunakan listrik. Lemari es ini di buat oleh Von Platen Munters, seorang insinyur yang berasal dari Swedia.

Budi s(jendelablog)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 19 Juli 2009 by in artikel, sisi lain.

Kategori

Blog Statistic

  • 21,290 hits

Contact

%d blogger menyukai ini: