jendelablog.wordpress.com

budiscyan weblog area's

Menjalin Komunikasi

diskusiPara remaja kadangkala mengalami kesulitan dalam soal komunikasi dan dialog. Apa itu dialog? Dialog merupakan perbincangan,diskusi atau percakapan yang terjadi dalam dua arah. Hal itu tentu lebih baik daripada Monolog yang hanya merupakan percakapan satu arah.Jika di hubungkan dan dikaitkan dengan masalah sehari-hari dalam berdialog, maka yang perlu dikembangkan dan dianut adalah dialog dan komunikasi yang sehat. Dalam keluarga, remaja bisa berdialog tentang berbagai hal dan masalah hidup dengan anggota keluarga yang lain.Dengan demikian terjadilah dialog dua arah. Masing-masing berhak menyampaikan argumentasi dan alasan serta pendapatnya.

Hal yang perlu diperhatikan Dalam berdialog yaitu meninggalkan ego masing-masing dan siap berlapang dada untuk mengakui argumentasi dari pihak lain yang lebih baik.Dalam menjalin sebuah komunikasi dan dialog, sebaiknya tidak ada pihak yang yang dipaksa maupun yang memaksakan kehendak. Faktor usia bukanlah menjadi suatu masalah,karena dalam berdialog Semuanya sama. Seorang yang lebih tua usianya tidak harus selalu benar dalam berpendapat, begitupun sebaliknya. Untuk itu kedua belah pihak harus siap untuk saling belajar dan mengambil pelajaran dari satu sama lain.

Dialog dan komunikasi benar-benar bisa berjalan apabila jika masing-masing orang termasuk tidak merasa paling menang sendiri. Kodrat manusia adalah relatif, artinya manusia kadang bisa benar tetapi juga bisa salah. Untuk itu manusia perlu intropeksi dan saling belajar antara yang satu dengan yang lain. Kedua belah pihak hendaknya bersifat terbuka, demokratis, dan siap belajar serta bisa mengambil pelajaran dari manapun.Hendaknya dialog itu berjalan secara seimbang dan proporsional.Dalam beberapa masyarakat maupun komunikasi, termasuk beberapa sekolah tempat para remaja menuntut ilmu sering terjadi tindakan yang sok superior, lebih dominan,merasa paling benar dan sebagainya. Itulah yang disebut dengan feodalistik.Dalam feodal selalu ada pihak yang lebih berkuasa dan ada pihak yang dikuasai. Kenapa harus ada yang seperti itu?bukankah pada dasarnya semua manusia itu sama?Kita tentu akan lebih aman dengan persamaan hak dan saling berbagi, bukan harus saling menguasai. Tidak ada yang perlu merasa paling hebat. Itulah yang paling penting dalam sebuah kebersamaan, termasuk dalam menjalin komunikasi,diskusi, maupun dialog. Karena manusia diciptakanjuga untuk belajar dan terus belajar. Inilah pentingnya merajut komunikasi dan dialog dalam hidup.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 6 September 2009 by in artikel.

Kategori

Blog Statistic

  • 21,290 hits

Contact

%d blogger menyukai ini: