jendelablog.wordpress.com

budiscyan weblog area's

Konversi File Gambar dan Audio Dengan File Blender

Konversi File Gambar dan Audio Dengan File Blender. Untuk keperluan tertentu, kadang-kadang kita membutuhkan jenis file yang berbeda. Misalkan saja, kita ingin menstranfer file WAV ke dalam hand phone namun karena keterbatasan memori hand phone maka kita hanya dapat menyimpan beberapa file audio (lagu) saja. Untuk menyiasatinya, kita dapat mengkorversi file WAV tersebut menjadi file audio yang berformat lebih “ramping” namun dengan kualitas yang tidak jauh berbeda, misalnya menjadi formar MP3. Dengan format tersebut, memori hand phone akan dapat menyimpan file audio (lagu) lebih banyak.

Kasus lain yang serupa, misalkan karena keterbatasan memori hand phone yang kita miliki sehingga jika kita masukkan beberapa file gambar saja maka memorinya akan cepat penuh. Untuk menghindari hal demikian kita dapat merubah ukuran file tersebut menjadi yang lebih kecil sehingga memori hand phone akan dapat membuat file gambar lebih banyak daripada sebelumnya.

Atau juga bisa begini, hand phone yang kita miliki hanya support terhadap file gambar dengan format tertentu saja, sementara kita menstranfer file gambar yang kebetulan tidak didukungnya. Untuk tujuan tersebut, kita dapat melakukan konversi terlebih dahulu menjadi file yang supported.

Masalahnya adalah kadang-kadang kita tidak mempunyai software yang dapat kita gunakan untuk tujuan tersebut. Namun sekarang, kita tidak perlu kuatir karena semua dapat dilakukan dengan mudah dengan freeware File Blender 0.18. Sesuai dengan namanya, File Blender ini merupakan aplikasi yang mampu melakukan konversi dua jenis file sekaligus, yaitu file gambar dan file audio. Hebat, kan!!

Fitur dan Kemampuan File Blender 0.18

Untuk tujuan konversi file gambar, File Blender 0.18 mendukung beberapa format file gambar antara lain, BMP, PNG, GIF, JPG, juga TIF.

Masih ada kaitannya dengan file gambar ini, File Blender pada versi 0.18 telah ditambahkan kemampuan (fitur) “Resize” (merubah ukuran) file gambar.

Sedangkan untuk tujuan konversi file audio, aplikasi yang dikembangkan oleh AutoHotkey (http://www.autohotkey.com) ini mendukung beberapa file audio dengan format antara lain, OGG, FLAC, MP3, juga WAV.

Selain kemampuan konversi file audio dan gambar, File Blender yang berlisensi gratis (freeware) ini mempunyai kemampuan split dan join file PDF dan TIFF.

Jika tertarik, silakan untuk melakukan download di sini terlebih dahulu.

Instalasi dan Penggunaan File Blender

Pertama, jika telah berhasil melakukan download, karena filenya masih berformat file zip, lakukan ekstrak file tersebut terlebih dahulu. Aplikasi ini dapat langsung digunakan tanpa perlu proses instalasi. Untuk menjalankan File Blender, klik double pada file exe-nya.

Kemudian kita akan mendapati jendela File Blender, seperti screenshot di bawah ini.

Kedua, kntuk memulai melakukan konversi, klik “Select Or Drop Files” kemudian pilih satu atau beberapa file pada folder tempat kita menyimpan file audio atau file gambar.

Jika yang kita pilih adalah file gambar maka File Blender akan secara otomatis menampilkan menu yang berhubungan dengan file gambar, yaitu “Convert”, “Resize” dan “Set Wallpaper”, seperti di bawah ini.

Jika yang kita pilih adalah file audio maka File Blender akan secara otomatis menampilkan menu yang berhubungan dengan file audio tersebut, convert ke beberapa file audio yang lainnya, seperti di bawah ini.

Ketiga, setelah itu pilih konversi yang diinginkan kemudian tunggu beberapa saat dan setelah muncul tulisan “DONE” maka proses konversi telah selesai dilakukan dan akan ditampikan folder tempat outputnya.

Selamat Mencoba!!!src

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 28 Januari 2010 by in artikel.

Kategori

Blog Statistic

  • 21,292 hits

Contact

%d blogger menyukai ini: