jendelablog.wordpress.com

budiscyan weblog area's

Trik Membuat Blog Tidak Melebar

sering menjumpai halaman yang melebar seperti ini?

Trick Post
ini sebenarnya sudah usang sekali, tapi sampai sekarang masih banyak saya jumpai site dari rekan-rekan kontak yang melebar di karenakan konten yang di pasang di blog terlebih jika dilihat dengan menggunakan tags, ada beberapa masalah yang biasa menyebabkan site di multiply kita melebar, diantaranya:

  • Pemasangan image yang terlalu besar/lebar melebihi lebar conten box,
  • penulisan kode HTML/CSS yang terlalu panjang,
  • Copy artikel dari software lain seperti microsoft word dll,
  • Copy-paste artikel dari site lain yang kadang kala artikel tersebut di beri format font yang tidak sama dengan font di site kita.
  • Editing theme yang salah/ tidak memperhatikan width compose layout dan mengabaikan pentingnya validasi CSS.

Penyelesaiannya singkatnya adalah :

  • Hindari pemasangan image yang terlalu lebar (maksimal 500 piksel ),
  • jika anda ingin menulis kode html/css lebih baik gunakan scrool box dengan width tidak melebihi konten box,
  • edit dulu artikel anda apabila anda mengkopi sebuah artikel dari media lain, sesuaikan dengan theme situs anda.
  • buatlah theme dengan hati-hati dan dengan perhitungan yang tepat.

—————————————————————————————————————————
Wah Repot dong, Artikel Saya sudah buuuanyak apa musti di edit satu-satu???
—————————————————————————————————————————-
repot juga memang, misalkan saya mempunya 500 konten di dalam situs saya, saya tidak tau halaman/artikel mana yang menyebabkan situs saya melebar, apa iya harus saya teliti satu persatu???

Permasalahan inilah yang dulu juga saya alami, saya sangat putus asa ketika saya di hadapkan pada situasi seperti ini, jadi males blogging kalau begini, tapi jangan berhenti dulu, anda tetap bisa merapikan situs anda dengan jalan pintas yaitu dengan menggunakan pemaksaan perintah pada layout anda dengan CSS, caranya yaitu dengan memberikan perintah width default pada itembox (content box ). masing-masing base theme mempunyai width default yang berbeda, yang terpenting adalah jangan mempersempit lebar content box lebih kecil dari width default base theme anda.

sebuah contoh pada shadowbox anda bisa tambahkan selector CSS ini :
.itembox,.itemboxalbum {
max-width: 540px !important;
padding:10px 5px 0px 5px;
}

—————————————————-
CSSnya Kok Tidak Bekerja YA???

—————————————————————-
jika anda masih menjumpai halaman yang melebar coba anda cari lagi selector yang serupa yaitu .itembox dan .itemboxalbum , hapus pengaturan padding dan widthnya.

jika masih eror juga cobalah cek ke validan css anda, lihat di sini http://budiscyan.multiply.com/journal/item/429

Tinggalkan Balasan

Information

This entry was posted on 7 Mei 2011 by in artikel.

Kategori

Blog Statistic

  • 21,292 hits

Contact

